KPU Kab. Deli Serdang Goes to School

KPU Kab. Deli Serdang " Goes To School"

Sebagai penyelenggara Pemilu di tingkat Kabupaten, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Deli Serdang memahami bahwa masalah Daftar Pemilih merupakan masalah krusial yang selalu dapat menimbulkan polemik dari waktu ke waktu. Protes terhadap Daftar Pemilih masih menjadi pemandangan dari hari ke hari. Berbagai upaya telah dilakukan untuk meminimalisir polemik tentang Daftar Pemilih, namun suara-suara sumbang tentang pemilih ini masih terus menghiasi media lokal dan nasional.

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Deli Serdang  telah melakukan upaya dalam proses Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan, salah satunya yaitu berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Bentuk dari hasil koordinasi tersebut yaitu lahirnya pengumuman yang ditandatangani bersama antara KPU Kabupaten Deli Serdang dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Deli Serdang. Pengumuman tersebut merupakan bentuk sosialisasi yang ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Deli Serdang agar ikut berpartisipasi secara aktif  dalam menyampaikan informasi yang berkaitan dengan Data Pemilih.

Sosialisasi lain yang dilakukan sejalan dengan kegiatan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dengan memusatkan perhatian kepada pemilih pemula. Pemilih pemula dalam setiap event pemilu nasional ataupun pemilukada jumlahnya relatif cukup besar. Jumlah tersebut membuat pemilih pemula sering menjadi rebutan partai politik dan para politisi untuk mendongkrak perolehan suara. Pemilih pemula  memiliki mayoritas rentang usia 17-21 tahun, kecuali karena telah menikah dan mayoritas pemilih pemula adalah pelajar setingkat pendidikan menengah atas (SMA/SMK), mahasiswa dan pemilih yang baru menggunakan hak pilihnya.

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Deli Serdang melakukan kegiatan KPU Deli Serdang “goes to school” dalam rangka pemuktahiran data pemilih yang khusus kepada calon pemilih pemula dengan tema; ”Kita Generasi Anti Golput.

Rauang lingkup kegiatan ini adalah siswa/siswi pada beberapa SMA/sederajat di wilayah Kabupaten Deli Serdang antaralain :

SMA YPK Andreas dan SMA Negeri I Suanggal, SMA Negeri I dan SMK Perguruan Pancur Batu, SMA Negeri I dan SMA YPK Methodist Tanjung Morawa, SMA Negeri I dan SMK Negeri I Percut Sei Tuan, SMA Negeri I dan SMK Negeri I Lubuk Pakam, SMA Negeri I Galang.

Gambar selengkapnya disini